Top Ad unit 728 × 90

BARU

recent

Amalan yang Allah Utamakan di Bulan Ramadhan


Ramadhan

Menyimak surat al Baqoroh ayat 183-187 ada beberapa amalan yg Allah utamakan di bulan Ramadhan. 
1. Shaum
Sangat jelas sbg sebuah kewajiban yg sdh tersurat (#kutiba# ). Sehingga jika meninggalkannya dengan alasan yg dibenarkan Allah,  tetap harus diganti di hari lain atau menggantinya dengan fidyah jika memang sdh tak mampu untuk shaim.  Bahkan Allah menyebutkan "shaum lebih baik bagimu,  jika kamu mengetahuinya. 

2. Sedekah.  Ketika Allah menyebutkan tentang fidyah ayat 184 Allah mengikutinya dengan kalimat "...barangsiapa memiliki kemampuan berbuat lebih maka itu lebih baik...". Rasulullaah  menyebutkan keutamaan bersedekah di bulan Ramadhan,  memberi makan org berbuka akan Allah beri pahala org berpuasa itu,  ampunan dan pintu syurga. Yg memberi minum org berbuka Allah akan ganti dg air telaga kaustar yg meringankan pekerjaan karyawannya, pembantunya akan Allah ringankan hisabnya,  dll.

3. Al Quran
Allah menurunkan di malam lailatul qadr,  malam yg paling baik di dlm bulan terbaik.  Maka Rasulullaah menyebut Ramadhan sbg Bulan Al Quran. Satu ayat setara dg mengkhatamkan Al Quran,  begitulah keutamaan membaca Al Quran di bulan Ramadhan

4. Berdoa
Di antara ketentuan ttg shaum di ayat 186, Allah menegaskan bahwa di bulan ini Allah begitu dekat,  Dia akan mengabulkan org yg meminta,  asal dia beriman dan memenuhi permintaanNya. Sebaik-baik waktu berdoa adl menjelang ketika berbuka dan ketika sahur. 

5.  Memperbaiki hubungan suami istri.  Dalam ayat-ayat ttg Ramadhan Allah menyebutkan bahwa suami adl pakaian buat istri dan sebaliknya.  Sejatinya ibadah-ibadah ramadhan dlm keluarga menjadi alat perekat antar suami istri. 

6 Itikaf, dengan segala ibadah di dalamnya.

Dari kupasan ayat-ayat itu kita bisa mengambil pelajaran untuk mengisi Ramadhan dg sebaik-baiknya.

1. Siapkan kesehatan dan sarana penunjangnya agar bisa shaum dg full dan maksimal.
Madu,  susu,  habat,  zaitun  sebaiknya mulai dikonsumsi dr sekarang dan selama Ramadhan

2. Rancang rencana supaya bisa bersedekah tiap hari,  meski dg seteguk air sebutir kurma,  kata Rasulullaah. Sekedar mwngirim segelas es syrop ke tetangga,  atau nitip uang di tkg gorengan untuk digratiskan kpd pembeli, sampai cuma untuk 5 buah gorengan,  dst.

3. Latihan berlama-lama dg Al Quran,  stop TV stop mejeng2 di fb,  IG dll yg tdk berguna, stop keliling di mall belilah segala keperluan ramadhan dan lebaran dr sekarang,  jgn paksakan untuk membeli yg TIDAK PERLU,  yg kalaupun barang itu, gak jd dosa, apa coba....?  Banyak,  org disibukkan hal2 yg sebetulnya gak prinsip. 
Buat jadwal tetap untuk membaca Al Quran,  menghafal,  membaca tafsir,  murojaah dll. Bukan seberapa banyak yg kita baca tapi SEBERAPA BANYAK WAKTU YG KITA HABISKAN bersama Al Quran. 

4. Memperbanyak berdoa terutama di waktu mustajab,  matikan TV 30 memit sblm berbuka dan saat sahur ,  fokus untuk berdzikir dan berdoa. Berdoaah dg semua hajat kita,  keluarga,  tetangga,  masyarakat, negeri ini dan kemenangan Islam.

5. Jangan lupakan hak pasangan selama Ramadhan. Ciptakan keintiman yg lebih syahdu dlm tahajud bersama tapi tdk melupakan kebutuhan biologisnya.

6. Itikaf.  Mengejar kemuliaan malam seribu bulan,  jk beribadah di malam itu maka setara dg beribadah 1000 bulam penuh,  meski sebetulnya itupun belum tentu cukup untuk menebus dosa kita atau mengimbangi kenimatan Allah yg telah diberikan kepada kita.
Jika tdk sadar dengan dahsyatnya itikaf org akan rela menukarnya dengan muter2 cari baju baru,  kue lebaran,  masak, dll.  Sungguh perbuatan bodoh org berani menukar sesuatu yg langka dan sangat berharga,  dengan sesuatu yg remeh temeh.


Masih ada waktu untuk merencanakan semua amaliyah Ramadhan.
Amalan yang Allah Utamakan di Bulan Ramadhan Reviewed by Unknown on 10.24 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Salimah Kota Bogor © 2014 - 2015
Designed by JOJOThemes

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.