Top Ad unit 728 × 90

BARU

recent

Berdaya Ekonomi dari Rumah, Bisa!!

Melakukan pekerjaan rumah, mengasuh anak, mengurus suami, rasanya sudah menyita waktu seorang ibu rumah tangga. Namun dengan pengelolaan yang baik, ibu rumah tangga sebenarnya memiliki kelimpahan waktu yang dapat digunakan untuk membuat dirinya lebih produktif dan menambah pemasukan keuangan keluarga.


Ilustrasi oleh Sugiarto Kwan


Beberapa contoh kegiatan yang bisa dilakukan ibu rumah tangga, yang juga menghasilkan penghasilan tambahan,


1. Merintis bisnis rumahan

Tak sedikit produk-produk ternama yang kita kenal saat ini bermula dari bisnis rumahan, dari kue dan aneka masakan, kerajinan tangan, produk tas, hingga pakaian. Tidak perlu modal besar, mulai kecil-kecilan saja, lalu kembangkan sesuai kemampuan.


2. Menyediakan produk jasa

Bukan cuma barang yang bisa dijual, jika anda cakap dalam memberikan pelayanan terbaik, cobalah usaha di bidang jasa. Banyak pilihan seperti laundry, agen penjualan tiket pesawat/kereta, pembayaran listrik, salon kecantikan, dll.




3. Membuka online shop

Jika anda belum mempunyai produk andalan sendiri, anda bisa berbisnis dengan menjadi reseller produk berkualitas yang sudah dikenal, karena menjual produk yang sudah dikenal akan lebih mudah bagi anda untuk memasarkannya karena konsumen sudah tahu kwalitas dari produk tersebut. Buatlah akun onlline shop dan maksimalkan pemasarannya di sosial media. Tenaga dan modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar, tapi jika telaten mengurusnya anda bisa mendapatkan hasil yang lumayan.


4. Mengajar

Mendidik buah hati sendiri tentu tugas utama para ibu. Jika ingin ilmu anda lebih bermanfaat untuk orang lain, mengapa tidak coba membuka jasa mengajar? membuka bimbingan belajar, hingga les privat semuanya bisa anda lakukan tanpa terlalu banyak meninggalkan rumah.


5. Menulis

Siapa bilang hobi menulis tak bisa mmenghasilkan?. Berbekal lap top untuk mengetik, koneksi internet, serta ide kreatif yang tiada habis, teruslah menulis tentang apapun yang anda gemari, fiksi maupun non fiksi. Banyak media yang menerima tulisan kiriman pembaca dan menghargainya dengan honor yang pantas. Bukan tak mungkin, kelak anda punya buku karya sendiri dan mendapatkan penghasilan tambahan dari royalti.


Seorang ibu rumah tangga yang produktif tidak hanya meraih keuntungan finansial, banyak hal positif yang bakal ia peroleh seperti kemampuan kemampuan manajemen yang lebih baik. Pilihlah bidang yang memang sesuai dengan passion anda, apakah itu berjualan, memasak, mengajar atau menulis. "Menjalankan bisnis sesuai passion, biasanya kita lebih semangat mengerjakannya. Kalau semangat, jadi lebih mudah untuk konsisten. Manfaatkan teknologi semaksimal mungkin untuk meringankan pekerjaan, mengoptimalkan pemasaran, memperluas jaringan danmeng update pengetahuan.


Sumber: Majalah Ummi
Berdaya Ekonomi dari Rumah, Bisa!! Reviewed by Unknown on 16.51 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Salimah Kota Bogor © 2014 - 2015
Designed by JOJOThemes

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.