Top Ad unit 728 × 90

BARU

recent

Seminar Hari Kartini : "Sayangi Keluarga, Kenali Kesehatan Alat Reproduksi Sejak Dini"



Dalam rangka peringatan Hari Kartini 21 April 2016, Ketua Salimah Kota Bogor, dra. Euis Sufi Jatiningsih berkesampatan hadir membagi ilmu dalam acara seminar yang bertajuk "Sayangi Keluarga, Kenali Kesehatan Alat Reproduksi Sejak Dini".
Hari Kartini marupakan salah satu momen bersejarah bagi kaum perempuan dan pendidikan nasional.  Perjuangan Kartini dalam peningkatan kualitas hidup kaum perempuan tentulah perlu dimaknai lebih luas pada era kekinian.  Agrianita IPB, sebagai wadah silaturahim para istri Dosen dan Staf di lingkungan Institut Pertanian Bogor, terpanggil untuk turut serta memaknai hari Kartini pada tahun ini dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan guna meningkatkan pengetahuan dan kesehatan, serta pemberdayaan perempuan dan keluarga. 
Salah satu diantaranya adalah penyelenggaraan Seminar Peringatan Hari Kartini dengan tema “Sayangi Keluarga, Kenali Kesehatan Alat Reproduksi Sejak Dini”.  Seminar ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa telah terjadi peningkatan kasus penyakit menular seksual di tanah air, dan seringkali remaja dan wanita menjadi korbannya.  Tingginya angka kejadian infeksi menular seksual dikalangan remaja dan dewasa muda, terutama wanita, patut diduga merupakan bukti bahwa masih rendahnya pengetahuan remaja dan wanita bahkan keluarga akan infeksi menular seksual ini.
Oleh karena itu, penyebaran-luasan pengetahuan tentang gangguan dan penyakit alat-alat reproduksi sangat diperlukan agar terjadi peningkatan kesadaran untuk merawat alat  reproduksi dengan baik dan benar. Pengetahuan dan pendekatan medis, psikologis maupun sosial diyakini dapat membantu pemahaman yang utuh  dalam melakukan pencegahan dan penyembuhan penyakit menular seksual.  Dengan informasi yang benar dan komprehensif, diharapkan setiap individu baik remaja, pasangan usia produktif maupun anggota keluarga lainnya memiliki sikap dan tingkah laku yang bertanggung jawab mengenai proses reproduksi mereka. 

Hadir sebagai pembicara dalam seminar ini adalah :
1.    Dr. dr. Fidiansjah, SpKJ.MPH.
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Keswa-NAPZA Kemenkes RI
Judul Materi :
Gejala Penyakit Menular Seksual dan Penyebabnya (Pendekatan Medis dan Psikologi)
Pokok Bahasan :
a.    Macam dan gejala penyakit menular seksual
b.    Mewaspadai penyimpangan seksual
c.    Penyebab terjadinya penyakit menular seksual, fenomena psikologis dan medis
2.  dra Euis Sufi Jatiningsih
Penggiat Keluarga, Ketua SalimaH Kota Bogor
Judul Materi :
Persiapan pernikahan  menuju keluarga sehat alat reproduksi dan keluarga sejahtera
Pokok Bahasan :
a.    Kriteria calon pasangan
b.  Mengenali kesehatan psikologis, medis dan sosial diri dan calon pasangan
c.  Kiat mengelola keluarga hingga sehat alat reproduksi juga sejahtera 


Diharapkan setelah mengikuti seminar ini peserta dapat :
1.  Meningkatkan pengetahuan tentang gejala penyakit alat-alat reproduksi dan PMS (Penyakit Menular Seksual)
2.    Meningkatkan pemahaman tentang penyebab atau pendorong terjadinya penyakit alat-alat reproduksi dan PMS (Penyakit Menular Seksual) ditinjau dari sisi medis, psikologis maupun social.
3.    Meningkatkan pemahaman tentang upaya pencegahan dan penyembuhan penyakit alat-alat reproduksi dan PMS (Penyakit Menular Seksual)
4.  Pembekalan pra nikah menuju keluarga sehat alat reproduksi dan kesejahteraan  pasangan dan anak-anaknya.
5.     Meningkatkan kesadaran untuk merawat alat-alat reproduksi dengan baik dan benar


Seminar Hari Kartini : "Sayangi Keluarga, Kenali Kesehatan Alat Reproduksi Sejak Dini" Reviewed by Unknown on 09.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Salimah Kota Bogor © 2014 - 2015
Designed by JOJOThemes

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.